Daftar Isi

Phobia Dokter Gigi

PHOBIA, berasal dari bahasa Yunani, artinya takut. Atau bisa juga dikatakan "trauma". Ini merupakan suatu penyakit mental, yang jika berlebihan bisa jadi mengganggu keseharian kita. Phobia itu muncul ketika kita pernah mengalami suatu hal yang ber-image buruk terhadap hal itu. Misalkan kita pernah kejatuhan cicak di punggung, maka setelah kejadian itu tersugesti bahwa kita bisa jadi phobia kalo ketemu sama si cicak. Biasanya orang yang punya phobia terhadap suatu hal akan tidak produktif untuk melakukan aktivitas secara normal.


Karena selama itu, dia akan bersifat was-was terhadap hal yang ditakutinya. Namun, tidak begitu parah sih terhadap efek penderitanya.

Nah, ngomong-ngomong tentang phobia nich, sepertinya semua orang kalo ditanya pasti punya phobia ^-^
termasuk saya hehe...

Saya punya pengalaman buruk terhadap seorang dokter gigi. Pada saat saya kelas 5 SD kalo tak salah, gigi depan saya double, sehingga mengharuskan untuk mencabut salah satu gigi saya, kemudian ada sedikit missing pada saat bedah mulut itu dilaksanakan. Wuaaaaaaa....sekujur tubuh saya terasa dingin, ntu suhu ruangan berasa -20 derajat Celcius. Sampe-sampe alm.ayah saya bilang ma dokter, gak papa tuh Dok anak saya? badannya menggigil begitu...

Mulai sejak itu, saya jadi phobia kalo diajak ke dokter gigi. Terakhir kali saya periksa gigi itu, hmmm....semasa kuliah, itu pun sesampainya duduk dibangku pasien, tubuh saya menggigil, kaki dan tangan saya begitu dingin sedingin-dinginnya, sampe ibu saya memegang tangan saya (*malu juga sih, udah segede ini masih juga dipegangin sama ortu) hahaha...
Kalo untuk phobia saya yang satu ini, hingga sekarang hal itu masih saya takuti. *nyengir abissss

Satu lagi, phobia yang pernah saya derita, yakni saya benci dengan keramaian. Saya tidak suka dengan keramaian, karena saya suka pusing kalo berada di tempat yang banyak sekali orangnya. Kalo lebaran tiba, saya sering nitip tuh beli baju dengan ibu saya, beliau udah tau selera saya yang gimana. Atau kalo gak suka beli online saja hehee...

Ada beberapa cara untuk menghilangkan phobia :
  1. Hipnoterapi, suatu metode terapi yang berhubungan dengan pikiran dan metode hipnotis. Pasien akan dibuat relax dan disugestikan yang baik-baik terhadap benda yang ditakuti tersebut,dan dengan terapi ini biasanya pasien akan sembuh total.
  2. Cognitive Behavioural Therapy/CBT, terapi tesebut dilakukan dengan cara mengubah mind set pasien atau menggali pikiran, perasaan dan perilaku seseorang untuk mengembangkan cara-cara praktif yang efektif melawan phobia.
  3. Berusaha melawan phobia itu sendiri.
Anda punya phobia? Ayo lawan phobia kita dengan positive thinking  *menyarankan tapi tetap saja masih phobia hehehe....

0 comment:

Post a Comment


up