Daftar Isi

Hibernasi sebentar...

Sedikit mengulas tentang kata "hibernasi"
Hampir semua binatang yang berdarah panas dan dingin melakukan hibernasi, bukan hanya pada beruang saja. Sebagian orang mengatakan hibernasi itu adalah fase tidur yang panjang. Jika manusia tidur maka otak masih dalam keadaan bekerja sehingga apabila tiba-tiba terjadi gangguan, gerak tubuh cepat untuk merespon. Lain hal dengan binatang, pada saat hibernasi mereka tidak bergerak sama sekali dan tidak akan terganggu dengan suara-suara yang ada disekitar mereka.

Hibernasi...
Ya, itulah istilah yang saya pakai ketika diri ingin menyendiri, intropeksi, dan mengevaluasi diri sendiri.
Bukan berarti pada saat intropeksi, saya tidur panjang ya hehee...gimana intropeksi kalo tidur mulu.
Ini hanya istilah saja..
Pembenaran diri, istilah hibernasi saya artikan sebagai situasi dimana saya dapat menyendiri dengan suasana yang sunyi dan menyendiri sehingga bisa fokus terhadap apa yang ingin saya intropeksi dan evaluasi.

Bagaikan sebuah akuarium yang lama-kelamaan jika tidak dibersihkan maka akan berlumut dan efeknya akuarium menjadi kotor dan berbau tidak sedap.
Begitu juga diri ini, pensucian jiwa (tazkiyatun nafs) dirasa perlu dilakukan berkala. Rasulullah sendiri, melakukan 'uzlah di gua hiro.
Kalo saya bilang, harus ada RAKER (Rapat Kerja) dengan diri sendiri. Dimana main menu dari RAKER yang saya pimpin adalah NAMA PROGRAM, TARGET dan EVALUASI.

Yuk, mari hibernasi sebentar...!!
!
!
!
!
!
!

Woi woi... sebentar doang..jangan tidur.. hehee


Selamat ber-hibernasi-


0 comment:

Post a Comment


up