Daftar Isi

Menulis dibalik kebosanan

Disini... tepatnya di lantai tujuh ini, saya  menulis dengan penuh rasa kebosanan yang sangat amat terdalam. 
BOSAN...ya...sungguh amat BOSAN
Kali ini ditempatkan di maintenance gedung, harus mengawasi tiga orang tukang yang sedang memeras keringat demi sedikit uang untuk keberlangsungan hidup keluarganya (termasuk saya sih hehe...)

Wak Jhon, tubuhnya kecil dan ringkih, usianya lebih kurang 60 tahunan, tapi berlagak spiderman, karena memang pekerjaannya manjat di luar gedung dengan tali seadanya, semangatnya luar biasa.

Wak Eddys, usianya lebih kurang 40 tahunan, calm dan payah senyum, cuek abissss....

Alex, seorang pemuda usianya sekitar 20 tahunan, punya fisik kuat tapi kalah jauh dengan Wak Jhon, payah...kerjaannya asik ngeluh aza.

Terkadang ada rasa iba menyelimuti diri, tak tega memerintah orang yang lebih tua apalagi untuk pekerjaan yang saya bilang "saya sendiri tidak sanggup melakukannya". Sedangkan dari lantai 1 s/d lantai 7 naik tangga, belum nyampe lantai 7 udah take a rest di lantai 4, baru dilanjutin lagi naik hahaha....

Dalam beberapa hadits tentang bekerja :
"Dari Miqdan r.a. dari Nabi Muhammad Saw, bersabda: Tidaklah makan seseorang lebih baik dari hasil usahanya sendiri. Sesungguhnya Nabi Daud a.s., makan dari hasil usahanya sendiri.” 
(H.R. Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Muhammad Saw: Sesungguhnya Nabi Daud a.s., tidak makan kecuali dari hasil usahanya sendiri.” 
(HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik, daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.” 
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Abdullah Az-Zubair bin Al-‘Awwam r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh seandainya salah seorang di antara kalian mengambil beberapa utas tali, kemudian pergi ke gunung dan kembali dengan memikul seikat kayu bakar dan menjualnya, kemudian dengan hasil itu Allah mencukupkan kebutuhan hidupmu, itu lebih baik daripada meminta-minta kepada sesama manusia, baik mereka memberi ataupun tidak.”  
(HR. Bukhari)

Dalam sebuah hadits Rasul saw bersabda: Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan karena bekerja pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni Allah” 
(Hadits Riwayat Ahmad & Ibnu Asakir)

Rasulullah saw pernah ditanya, Pekerjaan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, Pekerjaan terbaik adalah usaha seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perjualbelian yang dianggap baik,” 
(HR Ahmad dan Baihaqi)

Semoga saya, mereka dan Anda adalah orang-orang yang merasakan kekelahan karena bekerja dan senantiasa mendapatkan pengampunan-Nya :)

0 comment:

Post a Comment


up